How to Get Money is web that present the way to get a lot of money

Thursday 4 July 2013

Resensi ''Kukayuh Becakku Kurentang Nasibku''

Perjuangan Mengubah Nasib

Judul                           : Ku Kayuh Becakku Kurentang Nasibku
Pengarang                   : Drs. Zainal Mursalin
Penerbit                       : CV. Sahaya Adidayatama
Tahun Terbit                : 2005
Jumlah Halaman          : 140


            Dalam kehidupan sekarang ini, kebanyakan orang kurang memiliki semangat untuk bisa mengubah nasibnya. Mereka menganggap bahwa semua yang terjadi sepenuhnya merupakan kehendak yang maha kuasa. Setiap hari mereka melalui hari dengan kepasrahan dan minim sekali usaha. Seperti yang dapat kita saksikan di daerah-daerah peinggiran ibu kota banyak sekali kuam pemulung yang hanya menggantungkan kehidupannya dari sampah yang hanyut di sungai. Sama sekali tidak ada semangat untuk bisa memperbaiki kehidupannya. Padahal bila kita mau berusaha semuanya pasti akan menjadi lebih baik.

            Buku ini menampilkan contoh perjuangan hidup yang akhirnya dapat merubah nasib. Di kisahkan seorang tukang becak bernama Sukarman memiliki putri bernama Yuniarti yang menderita penyakit tumor di hidungnya.  Namun, karena penghasilan Sukarman sebagai tukang becak tidak mencukupi, ia tidak mampu membawa anaknya berobat. Dengan keadaan yang seperti itu Sukarman tidak pernah menyerah dan terus mengayuh becaknya setiap hari. Hingga suatu ketika ia bertemu dangan turis baik hati bernama Bill Morrow yang bersedia membantu pengobatan putrinya. Berkat bantuan Bill Morrow penyakit putrinya berhasil disembuhkan dan ia pun berhasil memiliki segala sesuatu yang lebih layak. Tetapi tiba-tiba krisis moneter menghadang dan merenggut semua kesenangan yang baru saja ia miliki. Pada akhirnya, berkat kegigihan dan rasa sayang terhadap keluarga, ia berhasil mengangkat kembali perekonomian keluarganya dengan bantuan salah seorang anaknya yang bernama Wati.

            Sebuah kisah kehidupan dengan latar belakang budaya Yogyakarta dan segala keunikannya terdapat dalam buku ini. Alur kehidupan yang tidak pernah kita tahu jalannya, tertuang dalam cerita kehidupan Sukarman yang penuh perjuangan. Banyak hal yang dapat kita teladani dari kehidupan keluarga Sukarman mulai dari kegigihan dalam hidup sampai cara mereka menjalin hubunngan dengan orang lain.
           
            Pada bagian awal buku ini di paparkan mengenai salah satu kebudayaan di Yogyakarta yaitu Sekatenan. Terutama pada bagian pertemuan Sukarman dengan Bill. Hal ini dapat menambah wawasan pembaca mengenai kultur budaya  di Yogyakarta. Sehingga kita terutama bangsa Indonesia bisa lebih menghargai kebudayaan negri sendiri karena dijelaskan bahwa orang asing sebenarnya sangat tertarik dengan budaya-budaya itu.

            Selain itu pada bagian tengah buku ini diceritakan bahwa setelah krisis moneter anak Sukarman yang bernama Wati lah yang sangat berperan penting dalam menyelamatkan perekonomian keluarganya. Karena bisa dibilang Wati adalah orang yang paling berilmu di dalam keluarganya. Sebab Wati telah disekolahkan dengan bantuan Bill Morrow di sebuah sekolah seni di Yogyakarta. Jadi secara tidak langsung penulis sebenarnya ingin menyampaikan pada pembaca bahwa pendidikan sangat berguna dalam memperbaiki kehidupan masa depan.

            Namun di antara berbagai kelebihan dari buku ini terdapat juga beberapa kelemahan misalnya bahasa yang diguanakan tidaklah sepenuhnya bahasa Indonesia yang baku. Di sana-sini masih terlihat bahasa jawa yang berlum diserap ke bahasa Indonesia dan terdapat pula kalimat-kalimat bahasa Inggris dimana kedua bahasa ini mungkin akan mempersulit bagi orang awam untuk memahami makna kalimatnya.

            Selain itu, pada pemaparan ceritanya penulis terkesan sangat menggurui pembaca. Terutama di bagian awal cerita yaitu saat Karman bertemu dengan Bill. Walaupun penulis mengkondisikan Karman menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Bill namun itu terlalu bertele-tele sehingga bagi yang kurang suka membaca buku hal ini akan menimbulkan rasa bosan.

            Pada dasarnya buku ini mengandung nilai-nilai kehidupan yang penting untuk bisa di resapi terutama bagi kalangan muda. Karena dengan membaca buku ini kita bisa menauladani cara-cara hidup Keluarga Sukarman yang penuh kerja keras dalam memperbaiki nasibnya. Kita pun juga dapat mendapat tambahan pengetahuan mengenai kebudayaan Indonesia terutama di daerah Yogyakarta.

Resensi ''Kukayuh Becakku Kurentang Nasibku'' Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown