How to Get Money is web that present the way to get a lot of money

Monday 17 November 2014

Budidaya Tokek





Belakangan ini tokek menjadi komoditi  yang sangat dicari oleh banyak kalangan. Harganya pun bisa mencapai jutaan rupiah. Seekor tokek yang memiliki berat tinggi akan memberikan keuntungan yang besar dalam waktu yang singkat. Kita perlu melirik ranah ini. Pasalnya sebenarnya tokek cukup mudah untuk dibudidayakan berikut adalah cara yang bisa kita tempuh agar bisa membudidayakan tokek.

Hal pertama yang perlu kita persiapkan adalah peralatan penunjang dalam memelihara tokek. Sebagai contoh adalah kandang tokek.

Kandang
Untuk kandang sebenarnya tidak terlalu sulit kita bisa membuatnya sendiri dari strimin lalu membentuknya sebagai kandang tokek. Atau juga bisa menggunakan aquarium yang bagian atas nya ditutup menggunakan jala kecil. Triplek juga sering dipilih untuk membuat kandangnya. Tokek bukan termasuk hewan yang manja sehingga untuk masalah kandang kita tidak perlu berpikir keras, asalkan si tokek tidak bisa kabur dari kandang itu saja.

Sementara pengelompokannya sendiri bisa dipisah antara satu tokek dengan yang lain apalagi jika ukurannya berbeda jauh. Hal ini dilakukan untuk menyamaratakan berat tokek tersebut supaya tidak terjadi perbedaan yang terlalu mencolok. Yang perlu diperhatikan tokek betina memang bisa dikandangkan bersama,akan  tetapi untuk tokek jantan dewasa sebaiknya dikandangkan sendiri karena memungkinkan terjadinya persaingan dan memicu kemungkinan saling bunuh dan rencana pembibitan anda tidak akan berhasil nantinya.

Untuk kepentingan pembibitan seekor tokek jantan dewasa sudah bisa dimasukkan kedalam kandang bersama dengan beberapa tokek betina dengan ukuran sama. Tokek betina dengan ukuran kecil sebaiknya tidak bereproduksi dulu karena akan memberikan dampak buruk pada kesehatan tokek betina tersebut.  Kita juga perlu memperhatikan suasana kandang dan buatlah sealami mungkin agar tokek bisa merasa seperti di habitat asalnya. Ranting dan pasir bisa sangat membantu untuk menciptakan kandang yang nyaman untuk tokek.

Temperatur Kandang
Temperatur dalam kandang tokek tidak boleh lebih dari 90 F. dalam membudidayakan tokek kita tidak boleh memasang lampu pijar didalam kandang karena itu akan membuat tokek stress lalu tidak mau makan dan kemudian mati. Kondisi gelap merupakan yang terbaik dan jika anda ingin memberikan lampu, maka lampu berwarna merah adalah yang paling tepat karena tokek tidak bisa melihat warna merah. Ini merupakan salah satu hal penting dalam cara beternak tokek. Mempelajari teknik budidaya tokek itu sangat penting sekali karena akan menentukan hasil dari ternak anda.

Pemeliharaan Tokek
Selanjutnya hal terpentinda dalam budidaya tokek adalah pemeliharaan . Selama pemeliharaan, pakan adalah yang utama. Makanan yang biasanya diberikan  adalah ulat, cacing, jangkrik, dan juga anak tikus yang usianya baru beberapa hari. Masalah minuman, air itu penting meskipun tokek pada dasarnya tidak membutuhkan air dalam jumlah banyak. Dalam seminggu, anda bisa memberikan 2 sampai tiga kali pemberian air. Jika perlu tambahkan vitamin untuk hasil yang lebih baik dalam pembesaran tokek.


Tokek memerlukan proses penggantian kulit seperti halnya ular. Pada saat pergantian kulit, ada baiknya mengecek kelembaban kandang dan bisa menggunakan media kotak stereoform. Pergantian kulit haruslah sempurna meskipun itu tokek rumah. Pastikan perkembangan tokek anda diperhatikan benar supaya tokek anda tumbuh sempurna.

Budidaya Tokek Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin