How to Get Money is web that present the way to get a lot of money

Monday 24 November 2014

Perawatan Bawang Daun


Sebelumnya telah dibahas bagaimana cara menanam bawang daun. Bagi yang belum membaca bisa membacanya di sini. Pada ulasan kali ini akan sedikit dibahas mengenai bagaimana perawatan bawang daun. Secara umum perawatan bawang  daun tidak begitu sulit. Kita hanya membutuhkan sedikit kesabaran agar budidaya yang kita lakukan bisa memberikan hasil yang maksimal. Berikut hal-hal yang perlu kita lakukan dalam perawatan bawang daun.

Penyiraman

Hal yang sangat penting dilakukan adalah melakukan penyiraman. Pada awal pertumbuhan sebaiknya penyiraman dilakukan setiap hari. Namun yang perlu juga kit perhatikan adalah dalam tanaman hendaknya tanah atau media tanam jangan terlalu basah atau becek, air tergenang. Keadaan ini bisa menyebabkan busuk akar sehingga bawang daun akan mati.
Kemudian, penyiraman bisa dilakukan setiap 2-3 hari sekali, atau tergantung kondisi cuaca serta keadaaan media tanam. Kita perlu juga mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan penyiraman. Waktu penyiraman yang paling baik,adalah saat pagi hari sebelum jam 9.00 atau sore hari setelah pukul 17.00.

Pemupukan

Langkah selanjutnya adalah pemupukan. Kita perlu memperhatikan perihal pemupukan ini. Karena kesalahan pada pemupukan bisa mengakibatkan matinya tanaman. Untuk cara menanam bawang daun organik, berikan pupuk kompos, bisa juga diberikan pupuk kandang pada hari minggu ke-4 sebanyak satu kepalan tangan untuk setiap wadah. Selanjutnya lakukan hal yang sama pada minggu ke-8. Pupuk ditabur di sekitar pangkal batang tanaman.
Sedangkan untuk cara menanam bawang daun non-organik, bisa diberikan pupuk urea atau ZA pada minggu ke-3 dan minggu ke-6. Jumlah pupuk sekitar lima gram per wadah. Pemberian pupuk sebaiknya dilarutkan dalam air, kemudian disiramkan pada media tanaman.
Bisa juga dengan menambahkan pupuk daun atau pupuk organik cair apabila dibutuhkan. Pemberian pupuk disemprotkan pada daun secara merata atau dialirkan ke tanah. Aplikasi pupuk bisa diberikan mulai hari ke-10 dan diulang setiap 10 hari hingga 3-4 kali.

Pemanenan

Langkah yang paling akir adalah proses pemanenan. Dalam proses ini kita harus berhati-hati agar tidak merusak bawang daun yang sudah tumbuh. Bawang daun bisa dipanen setelah berumur Dua setenah bulan sejak bibit ditanam, 5 bulan dari biji mulai disemai. Ciri-ciri bawang daun siap panen adalah jumlah rumpunnya mulai banyak dan sebagian daunnya sudah ada yang menguning. Panen sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari.
Sedangkan untuk keperluan harian tidak perlu menunggu hingga tanaman bawang daun siap panen. Tanaman yang telah berumpun banyak bisa diambil sebagian kapan saja. Dan sisanya dibiarkan tumbuh.

Di lahan terbuka, produktivitas bawang daun bisa menghasilkan hingga 10-40 ton/hektar. Produktivitas ini tergantung pada kualitas benih, teknis budidaya dan kecocokan geografis.

Perawatan Bawang Daun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin